Korpri Unit Polda Kaltim Gelar Bhakti Sosial, Peringati HUT ke-47

Jumat, 12 Oktober 2018
BALIKPAPAN-Korpri unit Polda Kaltim bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Balikpapan menggelar kegiatan donor darah, di area parkir Polda Kaltim, Balikpapan, Jumat (12/10/2018).
Foto: Korpri Unit Polda Kaltim.(din/jb)
Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-47. Pada tanggal 29 November 2018, dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian terhadap sesama  serta meningkatkan jiwa sosial. 

Animo pendaftar yang cukup besar dari personel Polda Kaltim untuk berpartisipasi mencapai 132 orang. Namun, yang memenuhi persyaratan hanya 100 orang, hal ini disebabkan beberapa faktor antara lain.

Bagi yang rendah/tingginya tekanan darah, pra/pasca/masa menstruari bagi wanita, mengkonsumsi obat rutin dan kadar haemoglobin yang rendah, belum dapat ikut berpartisipasi.

Kegiatan donor darah selain berguna bagi orang lain yang membutuhkan, juga memiliki banyak manfaat untuk diri si-pendonor itu sendiri. 

Manfaat ini semakin nyata jika seseorang melakukan donor darah secara rutin dan dengan prosedural yang benar.
Foto: Donor darah.(din/jb)
Manfaat praktis pertama dari donor darah adalah mengetahui secara pasti tipe golongan darah, serta secara tidak langsung, melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh. 

Bagi pendonor darah reguler, mereka mendonorkan darah dalam jangka waktu 3 bulan sekali. Itu berarti telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara rutin, yang meliputi tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan, haemoglobin, penyakit dalam hingga hepatitis, dan HIV.


Selain kegiatan donor darah, diselenggarakan juga pemeriksaan gratis kadar gula dalam darah, dengan animo 100 orang pendaftar dan telah terpenuhi. 

Hal ini sangat membantu bagi personel Polda Kaltim untuk memonitor kesehatannya terutama bagi penderita diabet.

Korpri Unit Polda Kaltim juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa aksi kemanusiaan kepada para pengungsi korban bencana alam Sulteng yang berada di Balikpapan, Jumat tanggal 5 Oktober 2018 lalu. 

Mereka mendapatkan bantuan, baik yang berada di Posko Lanud Dhomber, Bandara SAMS Sepinggan maupun Pelabuhan Semayang. 

Kegiatan tersebut berupa trauma healing bagi korban bencana dan bantuan perlengkapan dasar seperti makanan, minuman dan alat mandi. 

Pengungsi dari Palu dan Donggala – Sulteng tersebut, diangkut menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU dan KM. Siguntang ke Balikpapan, diperkirakan sekitar 600 orang pengungsi yang memasuki Pelabuhan Semayang pada sore Jumat lalu.

Mereka disambut para relawan dari berbagai unsur organisasi dan masyarakat termasuk Tim Korpri Unit Polda Kaltim. Dengan antusias bertanya keadaan mereka dan membagikan bantuan, sehingga diharapkan dapat meringankan beban / trauma yang dialami para pengungsi.
Penulis: Abidin
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website