Suplai Air Bersih Terganggu, Akibat Bocornya Pipa di Hutan Transad

Kamis, 18 Oktober 2018
BALIKPAPAN-KB- Jaringan distribusi air pelanggan PDAM kota Balikpapan kembali mengalami gangguan. Akibat, kebocoran pipa transmisi 600mm di jalur pipa transmisi dari Km 12 sampai IPAM Kampung Damai.

Kebocoran sepanjang 14 km. Pihak PDAM dalam hal ini bagian Customer Service PDAM Kota Balikpapan sudah mengonfirmasi hal ini, akan segera melakukan kegiatan perbaikan secepatnya.
Foto: Suryo Humas PDAM.(dok/jb)
Akibat kebocoran, terjadi penurunan kapasitas produksi sekitar 25m3/jam yang mempengaruhi distribusi air ke pelanggan PDAM yang teraliri IPAM Kampung Damai.

Dari Analisa proses perbaikan, Tim Tanggap Darurat dari Bagian Sumber Air Baku langsung menelusuri Jalur Pipa Transmisi Air Baku sepanjang 14 kilometer.

Tim kembali menemukan kebocoran Pipa Transmisi Air Baku diameter 600 mm Steel di Lokasi Hutan Transad KM.8, belakang pesantren Mardhatullah. 

Tepatnya, Jalur Pipa Air Baku yang mengirimkan Air Waduk Manggar menuju ke Instalasi IPAM Kampung Damai.

Dari Kebocoran tersebut Tim PDAM Kota Balikpapan akan melakukan perbaikan yang direncanakan pada Hari Selasa, 23 Oktober 2018, Jam 09.00 (Wita) sampai dengan Selesai (Target Pekerjaan perbaikan 1 x 24 Jam.

Akibatnya, 45% Pelayanan distribusi Air Bersih Bakal Terganggu, yaitu jalur distribusi air yang berasal dari IPAM Kampung Damai.

"Beberapa hari kedepan, pelanggan yang zona Distribusinya terganggu, mulai IPAM Kampung Damai mengalami penurunan kuantitas debit air yang cukup dratis," kata humas PDAM Balikpapan Suryo Hadi Prabowo.

"Kepada Pelanggan yang tinggal di daerah atas atau perbukitan dan daerah jauh dari IPAM Kampung Damai. Termasuk zona Wilayah distribusi dari IPAM ini, sebagian wilayahnya berkontur lembah dan perbukitan, akan mengalami gangguan tersebut," ungkapnya.

“PDAM memahami imbas dari ini semua, yang mana dalam beberapa hari ini pelanggan yang dialiri dari IPAM mengalami dampaknya. Sebelumnya jam Pelayanan 24 Jam, turun kisaran 12 Jam hingga 6 Jam pelayanan Distribusi Air ke Pelanggan," jelasnya.

"Wilayah terkena dampak tersebut. Yakni, Perumnas Atas mengalami tekanan distribusi air yang cukup kecil. Mengingat jalur Distribusinya berasal dari IPAM Kampung Damai," bebernya.

"Termasuk daerah pelanggan lainnya. Seperti Karang Rejo, Somber yang sudah terkena imbasnya kurang lebih 4 hingga 3 hari ini. Kegiatan perbaikan pada Rabu nanti," kata Suryo.

PDAM melakukan upaya pelayanan aliran Distribusi air menjadi normal, minimal bisa terus continyu kembali ke Pelanggan.

“Kami menghimbau kepada pelanggan untuk mempersiapkan penampungan di rumah. Selama air mengalir mohon untuk disimpan atau ditampung dirumah semaksimal mungkin,” kata Humas PDAM Kota Balikpapan, Suryo Hadi Prabowo mewakili Direksi.

Ia juga menyampaikan, permohonan maaf atas ketidak nyamanan ini. Utamanya, kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan Tidak mengalir lebih dahulu,” ujar Suryo.

Adapum wilayah mengalami gangguan
Produksi IPAM KAMP. DAMAI, yaki, Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah.
Foto: Pipa mengalami kebocoran.(dok/jb)
Termasuk Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan.

Selanjutnya, Balikpapan Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur.

Lajut ke Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPAM KP.Damai. 
Rilis: Humas PDAM Balikpapan
Editor: A. Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website