APBD Tahun 2019, Mengalami Penurunan

 Kamis, 22 Nopember 2018
BALIKPAPAN-Pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas RAPBD 2019 atas Nota Penjelasan RAPERDA APBD 2019 walikota, sebelumnya telah disampaikan.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Abdulloh didampingi Wakil Ketua DPRD Thohari Aziz dan Syarifuddin odang. Sedangkan dari pemerintah kota diwakili Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud.
Foto: Abdollah Ketua DPRD Balikpapan.(dok/jb)
Ketua DPRD Abdulloh kembali menyampaikan, Nota Penjelasan Wali Kota tentang RAPBD 2019, Kamis (22/11/2018).

Abdulloh mengatakan, APBD bersumber dari penerimaan dan pendapatan daerah. Disebutkan penerimaan daerah direncanakan sebesar Rp1,9 triliun.

”Mengalami penurunan dibandingkan 2018 yang ditetapkan Rp2,1 triliun dengan penurunan Rp200 miliar lebih atau 10.5 persen,” sebutnya.

Dari rincian belanja diketahui Belanja tidak langsung sebesar Rp800 miliar dan Belanja langsung atau modal Rp1,2 triliun.

”KUA-PPAS ditujukan pada program periotas dan urusan-urusan wajib yang secara bersentuhan pada kepentingan masyarakat,” tandasnya.

"Untuk PAD 2019 mengalami kenaikan 4,46 pesan atau Rp31 miliar. Hal ini berasal dari pajak, Retribusi daerah dan pendapatan sah daerah," jelasnya.

Pada penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi atas RAPBD 2019 ini, Fraksi Golkar disampaikan Fadilah, Fraksi PDI Perjuangan Jhon Ismail, Gerindra disampaikan M Taqwa, Fraksi Demokrat Mieke Henny, Fraksi PKS Sandi Ardian, Fraksi Nasdem – PPP Iwan Wahyud.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website