DPRD Balikpapan Gelar Rakerda

Rabu, 7 Nopember 2018
BALIKPAPAN-DPRD Balikpapan, gelar Rapat Kerja Anggota, dihadiri anggota DPRD Balikpapan dan OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkungan pemkot Balikpapan, di Hotel Tiga Mustika, Rabu (7/11/2018).
Foto: Paparan Rakerda oleh Narasumber.(ay/jb)
Ketua DPRD Balikpapan Abdollah mengatakan, rapat kerja daerah (Rakerda) DPRD ini penting dilkasanakan, untuk menyatukan persepsi penganggaran APBD kota Balikpapan.

Menurutnya, kegiatan ini melibatkan semua anggota DPRD dan instansi pemkot Balikpapan. Mulai tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Dinas di lingkungan pemkot Balikpapan.

"Kesamaan persepsi ini menjadi dasar dalam mengalokasikan anggaran APBD tahun depan. Untuk tetap mengacu pada aturan berlaku," ungkapnya.

"Sehingga, diketahui apa saja yang bisa teranggarkan melalui pembahasan bersama antara legislatif dan eksekutif. Bisa saja, ada hal penting perlu dilaksanakan meski belum masuk dalam anggaran APBD," jelaa Abdollah.

Hal tersebut senada disampaikan, DR. Hendriwan, MH. MSi Plt. Direktur Pendapatan Daerah Ditjen Bina Keungan Kemendagri selaku narasumber, kegiatan bersifat mendesak atau insidentil dapat dianggarkan meski belum melalui pembahasan APBD.

Dalam paparanya, Hendriwan menyampaikan, sifatnya bencana alam, perlu segera dianggarkan. Namun, tetap dilakukan sinkronisasi dengan anggaran lainnya.
Foto: Peserta Rakerda.(ay/jb)
Sementara Revli Fatoni, Kasubdit Wilayah II Direktorat Fasilitasi KDH dan DPRD Fitjen Otonomi Daerah Kemendagri, menyampaikan waktu jam kerja DPRD biasanya tidak baku, sebagaimana kerja normal. Sehingga, pengesahan anggaran, yang sifatnya mendesak tidak diikat dekat waktu.

"Kalau masa pengesahan anggaran lewat batas waktu, bila hal itu dinilai penting maka, tidak menjadi persoalan dan sahkan untuk dilaksanakan," paparnya.

Rakerda DPRD Balikpapan ini sesuai dengan tema "Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018, tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD dan Isu Strategi Perencanaan dan Penganggaran tahun Anggaran 2019.
Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website