Kasad Tutup TMMD di Muara Wis

Kamis, 15 Nopember 2018
BALIKPAPAN-Penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 secara resmi ditutup langsung oleh Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Mulyono, Selasa pagi (13/11/2018), di Lapangan sepak bola Kecamatan Muara Wis Kutai Kartanegara. 

Penutupan ini dihadiri oleh para petinggi Mabes TNI AD, Gubernur Kaltim, Pangdam VI/Mlw, Kapolda Kaltim  dan ribuan masyarakat dari pelosok Kaltim.
Foto: Kasad Jenderal Mulyono.(dok/jb)
Sebelum upacara penutupan berlangsung, Jenderal Bintang Empat TNI Angkatan Darat ini disambut dengan tradisi tepung tawar dan disambut tarian selamat datang di gerbang pintu Kecamatan Muara Wis.

Kedatangan orang nomor satu di Angkatan Darat ini juga dampingi Ketua Umum Persit KCK Ibu Rosita Mulyono. 

Acara penutupan kegiatan TMMD 103 Kodim 0906/Tenggarong  juga dimeriahkan atraksi terjun payung  anggota Kopasus serta hiburan musik dengan artis-artis ibu kota.  

Dalam sambutannya, Jenderal Mulyono menyampaikan kegiatan TMMD adalah memupuk semangat kebersamaan yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun bersama.

"Kemanunggalan ini juga merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan Bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh," ungkap Kasad.

Lebih jauh, Kasad mengatakan bahwa salah satu peran TNI dalam mendukung pembangunan nasional dari daerah terpencil  dalam kegiatan TMMD 103 Tahun 2018 dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan 52 km lebih jalan baru, peningkatan badan jalan dengan panjang total 326 km.
Foto: Kasad tutup TMMD di Muara Wis.(dok/jb)
Selain itu, dilaksanakan juga pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam setiap pelaksanaan TMMD, Satgas selalu melibatkan prajurit TNI,Kepolisian, aparat Pemda. 

"Serta segenap komponen masyarakat bekerjas sama guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia," tutur orang nomor satu di TNI AD.
 
Penutupan TMMD 103 itu tampak ditandai dengan pemberian/dan pemasangan kaki palsu secara simbolis oleh Kasad.

Pemberian sembako secara simbolis oleh Ibu Ketua Umum Persit KCK kepada masyarakat yang membutuhkan serta bantuan ambal untuk Masjid Desa Melintang oleh Pangdam VI/Mlw. 

Pemberian bantuan diakhiri dengan  penandatanganan prasasti peresmian jembatan kayu oleh Plt Bupati Kutai Kertanegara.

Dalam pelaksanaan kunjungan kali ini bapak Kasad di damping asisten operasi, asisten teritorial dan perencanaan dalam meninjau kegiatan Bhakti Sosial.

Digelar berupa yaitu  sunatan massal sejumlah 200 org, pengobatan massal 500 org, donor darah 300, KB Kes 200 org dan secara simbolis dilakukan pemasangan kaki palsu untuk 60 org. Tidak lupa pasar murah diadakan untuk masyarakat di kecamatan Muara Wis dan sekitarnya.

Untuk masyarakat yang hadir panitia menyiapkan berbagai jenis makanan secara gratis kepada masyarakat serta tidak lupa diisi hiburan artis ibukota. 
Rilis: Pendam VI/Mlw
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website