LKB PPI Balikpapan Lahirkan Juara Baru

Juara Baru, Kobarkan Semangat Pemuda dan Kepahlawanan

Senin, 19 Nopember 2018
BALIKPAPAN-Lomba Kibar Bendera (LKB) garapan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Balikpapan yang digelar, Sabtu (17/11/2018) di Lapangan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Balikpapan melahirkan  juara-juara baru.
Foto: Penyerahan piala lomba LKB PPI Balikpapan.(dok/jb)
Sebanyak 40 tim peserta dari Sekolah Dasar, menengah dan atas (SD, SMP dan SMA)v yang tampil dalam lomba kali ini mengerahkan segala kemampuannya saat tampil.

Pada saat pembukaan acara, Dldiungkap kan Kadisdikbud Balikpapan Muhaimin,  ST. MT. kegiatan ini mendapat apresiasi pemkot Balikpapan sebagai wujud rasa nasionalisme pelajar  agar cinta pada tanah air, sehingga pihaknya sangat mendukung kegiatan PPI untuk kesekian kalinya.

"Kami sangat mendukung kegiatan Lomba Kibar Bendera, acara ini merupakan bentuk rasa penghormatan pada tanah air yang kita cintai," ungkapnya.

Muhaimin juga berharap, ini bukan sekedar lomba tapi ada nilai-nilai luhur serta sportivitas diutamakan dari pada sekedar juara. 

Ditambahkan Kabid Pemuda Disporapar Balikpapan, Silvia Rahmadina kegiatan yang memperebutkan piala Kadisdikbud dan Kadispora Balikpapan diharapkan siswa lebih dapat menghargai jasa-jasa pahlawan dan semangat pemuda yang telah pernah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
Foto bersama LKB PPI Balikpapan.(dok/jb)
"Siswa merupakan bagian dari pemuda, selayaknya semangat patriotisme pahlawan dan sumpah pemuda menjadi inspirasi untuk terus berkarya bagi sekolah dan daerah," terang Silvi.

Selain itu, harap Silvi, ajang LKB juga menjadi ajang untuk siswa,dapat melanjutkan pada seleksi Calon Paskibraka yang setiap tahun diadakan Disporapar
pemahaman buat peserta agar lebih meningkatkan rasa nasionalisme pada negara.

Sedangkan ketua PPI Balikpapan , Danang Agung menilai  LKB juga menjadi sarana bagi siswa untuk saling belajar dengan sekolah lainnya.

Mengembangkan para siswa dalam kegiatan-kegiatan positif untuk sekolah, baik itu di OSIS, Pasukan Pengibar Sekolah  dan Pramuka.

Hasil LKB 2018 kali ini banyak sekolah yang pertama kali ikut serta menjadi juara. Selain memang beda teknis lomba nya, banyak peserta yang gagal membentangkan dan menggerek bendera secara baik dan sempurna.


"Banyak yang gagal saat membentang dan bendera terbalik. Pada saat  menggerek bendera kecepatan atau pun lambat sampai diujung tiang. Semua menjadi koreksi bagi peserta untuk lomba selanjutnya," tandas Danang.

Namun bagi panitia PPI Balikpapan, yang terpenting kegiatan ini bukan sekedar mencari pemenang.

Tapi semangat nasionalisme para siswa semakin meningkat dan kecintaan kepada  negara semakin kokoh.

Hasil Lomba Kibar Bendera 2018:
 untuk SD.
1. Juara 1 SD 01 Bal-Sel
2. Juara 2 SD 19 Baltim
3. Juara 3 SD 01 Balteng

Tingkat SMP
1. Juara 1 SMPIT As-Adiyah
2. Juara 2 SMP 18
3. Juara 3 SMP 5

Tingkat SLTA
1. Juara 1 SMAN 1
2. Juara 2 SMK 5 B
3. Juara 3 SMK Air Langga

Penulis: Agung
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website