SMP Negeri 9 Akan Gelar, Jambore KUARAN se-Balikpapan Barat

Kamis, 29 Nopember 2018
BALIKPAPAN-Pramuka selalu di ajarkan bagi siswa-siswa SD, SMP, SMU dan seterusnya. Dengan pendidikan melalui kepramukaan akan bermanfaat bagi perkebangan siswa dalam berinteraksi dengan sesama siswa maupun dengan lingkungannya.
Foto: Arintoko
Apa lagi kegiatan Pramuka sudah menjadi Ekstrakukuler Wajib sesuai yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013.

Seiring dengan hal tersebut di atas direncanakan akhir Desember 2018 akan di adakan Jambore KUARAN (Kwartir Ranting) Balikpapan Barat yang di ikuti SD dan SMP se Balikpapan Barat dengan mengambil lokasi di SMPN 9 Balikpapan. Demikian disampaikan Kepala SMPN 9 Balikpapan Arintoko, SP.d diruang kerjanya Kamis (29-11-2018).

Masih menurut Arintoko, dalam kegiatan tersebut nantinya para penggalang selama tiga hari akan melaksanakan berbagai macam kegiatan kepramukaan. 

Diantaranya tentang kegigihan, kemandirian, keuletan, tanggung jawab dan lainnya. Seperti kegiatan kemah misalnya, di sana siswa belajar bergotong royong dengan siswa lainnya mulai dari mendirikan tenda, memasak dan semua tugas dikerjakan bersama-sama.

Terkait kegiatan kepramukaan di SMPN 9 sendiri, Arintoko yang berhasil membawa SMPN 9 Balikpapan meraih Adi Wiyata Tingkat Nasional ini mengatakan.
Foto: Pramuka SMPN 9 Balikpapan Barat
Ada dua kategori pertama Eskul Wajib sesuai Kurikulum 2013 yang di ikuti seluruh siswa, dengan sistem kelompok giliran Jum'at sore untuk Kelas 7 dan 8.

Sedangan untuk Reguler atau siswa siswa yang benar-benar gemar kegiatan kepramukaan di laksanakan seminggu sebanyak dua atau tiga kali kegiatan.

"Alhamdulillah kegiatan kepramukaan di SMPN 9 sudah berjalan dengan baik, hasilnya pun sudah dirasakan oleh siswa itu sendiri khususnya masalah pembinaan mental," katanya.

"Berbagai prestasipun sudah dapat di raih oleh siswa-siswa dalam kegiatan pramuka, " ungkap Arintoko yang di kenal sangat low profil ini.

Penulis: Edy
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website