SDN 013 Selatan, Terapkan PPK Untuk Ciptakan Peserta Didik Berkualitas

Jumat, 14 Desember 2018
BALIKPAPAN-Untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas dari aspek akademi maupun non akademik, idealnya harus dibina dari usia dini yakni pembentukan karakter dan sikap.
Foto: Tuwanriyanto
Atas dasar itu SDN 013 Kecamatan Balikpapan Selatan telah melaksanakannya sejak delapan bulan lalu yakni menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) saat dipimpin Tuwanriyanto, MPd.

Menurut mantan Kepala SDN 002 Balikpapan Kota ini, kegiatan yg dilakukan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah, setiap hari Kepala Sekolah dan Dewan Guru menyambut peserta didik dipintu gerbang untuk bersalaman atau berjabat tangan. 

Tepat pukul 07.00  WITA peserta didik dan guru berbaris di halaman untuk melaksanakan do'a bersama, dilanjutkan dengan hormat bendera.

Setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stamza, menyanyikan lagu wajib, dilanjutkan menyanyikan lagu mars PPK, tepuk PPK dan salam PPK. 

Kemudian ditutup dengan pengucapan Visi sekolah. Selanjutnya para peserta didik masuk kedalam kelas untuk melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

Sedangkan untuk kegiatan hari Jumat lanjut Tuwanriyanto setelah melaksanakan Shalat Duan dan Tauziah, melakukan kerja bhakti dilingkungan sekolah yakni Jum'at Bersih.

"Kami fokus melaksanakan PPK dulu, karena merupakan modal dasar membentuk kepribadian peserta didik. Jika PPK sudah tertanam pada diri maka untuk yang lainnya bisa dengan mudah dibentuk," tegas Tuwanriyanto dengan senyum.

Disamping PPK masalah kedisiplinam dewan guru mengalami perubahan, lanjut Tuwanriyanto. Dimana pukul 07.00 WITA semua dewan guru sudah berada di lingkungan sekolah.

"Alhamdulillah para dewan guru mempunyai tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi. Semoga semua ini membawa berkah untuk seluruh warga sekolah dan lingkungan sekitar," pinta Tuwanriyanto yang hobby memelihara kumis ini.

Penulis: Edy
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website