LPM Muara Rapak Segera Lakukan Konsolidasi

Rabu, 2 Januari 2019
Masa Kepengurusan LPM Muara Rapak Berakhir, Segera Lakukan Konsolidasi

BALIKPAPAN- Keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sangat dibutuhkan masyarakat. Baik ditingkat Kelurahan, Kecamatan maupun Kota.
Menurut Ketua LPM Kelurahan Muara Rapak Suprapto Periode 2012-2015 dan 2015-2018 masa kepemimpinannya sesuai SK adalah 27 November 2018. Artinya saat ini jabatan Ketua LPM Kelurahan Muara Rapak Periode 2018-2021 lowong.

Prapto-sapaan akrabnya mengharapkan segera dilaksanakan konsolidasi atau pemilihan, agar tidak terjadi kekosongan berkepanjangan.

Masih menurut Prapto yang dikenal sangat ramah ini, tujuan kearah sana memang sudah dilakukan dengan dibentuknya kepanitiaan pemilihan. Saat ini informasinya panitia sedang melakukan penjaringan bakal calon.

"Panitia sedang melaksanakan penjaringan bakal calon Ketua LPM Kelurahan Muara Rapak Periode 2018-2021. Dan Insha Allah dalam waktu dekat segera dilaksanakan pemilihan, " terang Prapto yang mempunyai suara merdu kepada media ini melalui ponselnya Selasa (01/01/2018).

Sementara itu Lurah Muara Rapak Nunung Nurjana, S.Sos saat di konfirmasi membenarkan bahwa panitia telah terbentuk sebanyak 5 orang yang di Ketuai Budi Irawan. 

Diharapkan Tata Cara Pemilihan Ketua LPM Muara Rapak harus sesuai mekanisme yang diatur dengan Perda No 18 Tahun 2002 dan Perwali No 13 Tentang Pembentukan LPM.

Sedangkan yang mempunyai Hak Suara dalam pemilihan adalah seluruh Ketua RT di Muara Rapak yakni sebanyak 86 RT. Namun demikian dalam pemilihan dinyatakan sah apabila sudah memenuhi korum
yakni 50+1.

Masih menurut Lurah Nunung, kandidat Ketua LPM adalah lahir dari tokoh masyarkat yang dengan tulus ikhlas dapat menjalankan tugas, apa lagi sifatnya tugas sosial.

Karena lanjut Nunung, fungsi LPM adalah menyusun dan merencanakan pembangunan secara partisipasif atas dasar aspirasi masyarakat. Selain itu menggerakan swadaya gotong royong masyarakat. Membina dan menggerakan potensi pemuda, peranan wanita di kelurahan, juga membina kerjasama antar lembaga yang ada di kelurahan.

Penulis: Edy
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website