Petugas PPK Menjadi Lima Orang

Selasa, 1 Desember 2018
BALIKPAPAN-Komisioner KPU Balikpapan, Endang Susilowaty menjelaskan, jumlah Panitia Pemilihan Kecamata (PPK), sebelumnya berjumlah 3 (tiga) orang.

Hal tersebut sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), dalam ketetapan Undang-undang nomor: 7 dengan jumlah petugas PPK sebanyak 3 orang.
Namun, hasil yudisial review dikabulkan, petugas PPK ditambah dua petugas. Sehingga, berjumlah lima orang petugas.

Endang mengatakan, dengan melihat pemilu pemilihan Gebernur sebelumnya, berjumlah lima orang petugas.

"Mekanismenya adalah dengan adanya penambahan melihat adanya urutan setelahnya. Dengan calon yang hadir itulah akan dilakukan verifikasi singkat," ungkapnya.

"Terkait dengan kesiapan menjadi petugas PPK dua orang dari masing-masing kecamatan yang mengisi menjadi 5 petugas PPK,"  jelasnya.

Menurutnya, KPU kota Balikpapan mengambil langkah untuk bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan.

Diantaranya, Universita Balikpapan (Uniba) agar merekomendasikan nama-nama yang bisa menggantikan atau menjadi PPK di Kecamatan yang kurang jumlah pesertanya, untuk ditambah.

Secara tegas Endang Susilowaty menyampaikan, jika ada peserta pada saat ditengah jalan atau pada saat mendekati hari pemilu mengundurkan diri akan diberi sangsi tegas.

"Karena KPU, sudah memberikan suatu pernyataan yang harus diikuti dan dilaksanakan. Dengan mengisi akan adanya kesanggupan dan ketidak sanggupan dalam menjalankan tugas sebagai PPK. jika memang ada yang melanggar akan diberi sangsi sesuai peraturan perundangan yang ada," pungkas Endang. 

Penulis: Rony
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website