Aliansi Solidaritas Jurnalis Balikpapan, Gelar Aksi di Mapolres

Selasa, 05 Maret 2019
BALIKPAPAN-Aliansi Solidaritas Jurnalis Balikpapan, menyampaikan aspirasinya di Mapolres Balikpapan, terkait penganiayaan seorang jurnalis dalam aksi malam munajat 212 lalu di Tugu Monas, Jakarta.
Penganiayan jurnalis tersebut, saat menjalanjan tugas peliputan. Penganiayan oknum tidak bertanggung jawab tersebut, mengundang aksi solidaritas para jurnalis kota Balikpapan. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan para pencari berita tersebut.

Kekerasan tersebut, tertuju pada sejumlah jurnalis yang menjadi korban kekerasan. Bahkan, intimidasi.

Koordianator Aksi Solidaritas Jurnalis Balikpapan Amir, mengecam keras atas tindakan tersebut. Yang terjadi kepada rekan-rekan jurnalis yang tidak diperlakukan sewajarnya.

"Fakta di lapangan rekan-rekan jurnalis sudah sesuai, dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wartawan dan sesuai kode etik kewartawanan," ungkap Amir.

Senada disampaikan Ketua Gabungan Media Siber Kaltim, Edy Supardi mengatakan, tindakan dimalam munajat 212 harus segera diproses dan sebagai kejadian kekerasan.

"Kekerasan kepada teman-teman jurnalis sudah tidak bisa di toleril lagi. Sebagai jurnalis di Balikpapan, sangat prihatin dengan kejadian ini," ungkapnya.

"Sebagaimana data ditahun 2017 - 2018  kekerasan terhadap jurnalis meningkat yang semula 60 menjadi 64 kasus," kata Edi.

Dalam orasinya, Amir kembali menuturkan, menuntut keadilan serta penuntasan atas kekerasan terhadap rekan-rekan di Jakarta dimalam munajat 212 agar diproses sesuai aturan yang berlaku.

Dalam aksi tersebut, disambut baik Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta.

Ia menyampaikan, akan menindak tegas jika memang terbukti bersalah.

Dalam aksi tersebut, menyampaikan tuntutan, diantaranya,  mendesak aparat  kepolisian dalam menuntaskan kekerasan oleh massa aksi munajat 212  terhadap jurnalis yang melakukan peliputan dijakarta.

Selanjutnta, mendesak serta menuntut agar pihak kepolisian menangkap oknum tersebut.         

Serta, menuntut dan serta mendesak kepada Kepolisian untuk menyelesaikan kasus ini agar tidak terjadi hal yang serupa dikemudian hari.     

Tuntutan tersebut diterima langsung Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta.

Penulis: Roni
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website