Kementerian Lingkungan Hidup Gelar Workshop Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Batu Bara

Minggu, 7April 2019
BALIKPAPAN-Kementerian Lingkungan Hidup menggelar workshop pengelolaan lingkungan pertambangan batubara, di Blue Sky Hotel Balikpapan, Sabtu (6/04/2019).

Menjadi dilema bagi perusahaan pertambangan, dalam pelaksanaan penambangan, memiliki tanggung jawab lingkungan yang harus dipenuhi.

Pemulihan lahan pasca penambangan menjadi tanggung jawab perusahaan tambang. Kondisi sekarang banyak perusahaan tambang mengabaikan hal ini, sehingga bekas lahan penambangan berpotensi merusak lingkungan dan merugikan masyarakat sekitar tambang.

Ditjen Penanggulangan dan Perencanaan Lingkungan Hidup, Edy Nugroho Santoso dalam pemasarannya menyampaikan, pemulihan lingkungan pasca tambang sangat berat bagi perusahaan tambang.

Namun, hal ini sudah menjadi kewajiban setiap perusahaan. Paling tidak setiap perusahaan tambang ada upaya, pemulihan lingkungan pasca penambangan.
Poto: Ihwan Datu Adam
Menurut Edy, setiap perusahaan memiliki kewajiban memulihkan lahan tambang pasca dilakukanya penambangan. Sampai saat ini hanya beberapa perusahaan tambang saja yang patuh terhadap aturan telah ditetapkan KLH dan Kementerian ESDM.

Lain halnya dikatakan anggota Komisi V DPRD RI Ihwan Datu Adam, setiap perusahaan penambangan harus tunduk dan taat dengan aturan yang berlaku.

"Bila ada perusahaan pertambangan tidak melakukan kewajibannya dalam pengelolaan lingkungan pasca tambang harus dilakukan penindakan tegas," tegas Ihwan Datu.

"Bahkan Komisi V DPRD RI sebagai Mitra kerja KLH dan ESDM telah menggelontorkan anggaran, lumayan besar untuk penanggulangan penyalahgunaan lingkungan," ungkapnya.
Poto: Heri Soenaryo
Menurutnya, adanya beberapa perusahaan tambang batubara yang beroperasi secara ilegal di Kaltim. Perlu dilakukan penindakan tegas," harapnya.

Demikian juga dikatakan Pengamat Lingkungan Balikpapan, Heri Soenaryo.

Menurutnya, pelanggaran penambangan yang terjadi sekarang ini, diperlukan ketegasan aparat terkait. Kementerian ESDM sebagai pemberi izin penambangan dan KLH sebagai pemberi izin lingkungan harus tegas dalam menjalankan tugasnya.

"Mestinya tidak ada lagi masalah ilegal penambangan atau lainnya, jika aparat bertindak tegas," tandasnya.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website