KPPU Wilayah V Balikpapan, Gelar Forum Jurnalis dan Buka Puasa Bersama

Jumat, 17 Mei 2019
BALIKPAPAN-KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), Wilayah V Balikpapan, menggelar Forum Jurnalis dirangkai dengan buka puasa bersama, di Kantor KPPU Gedung Keuangan Lt. 3 Balikpapan, Jumat (17/05/2019).
Guntur Syahputra Saragih (kiri) Komisoner KPPU Pusat
Abdul Hakim Pasaribu (kiri)  Ketua KPPU Wil. V Balikpapan

Hadir sebagai juru bicara, Guntur Syahputra Saragih mengharapkan, potensi penyalahgunaan persaingan usaha khususnya, perusahaan kemitraan mendapatkan perhatian serius.

Menurutnya, kepentingan persaingan usaha, sama halnya dengan kepentingan khalayak banyak. Agar pihak penyalahgunaan tidak melakukan praktek monopoli usaha.

Sementara tugas KPPU, melakukan penilaian atas perjanjian, perbuatan pelaku usaha, dan penyalahgunaan posisi dominan.

Guntur Syahputra Saragih juga selaku anggota KPPU Pusat, didampingi Humas KPPU Zulfirman. Ia menyampaikan, beberapa kasus perlu dilakukan, publikasi ke masyarakat.

Ia berharap, agar publikasi tersampaikan diperlukan mitra antara pihak wartawan, agar penyalahgunaan dapat tersampaikan, dan dilakukan pencegahan.

Pada dasarnya, KPPU terus melakukan tugasnya, untuk menjaga agar persaingan usaha diberbagai sektor, ekonomi berada dalam koridor persaingan usaha yang sehat. Sebagaimana diatur dalam UU No. 5 tahun 1999.

Diantaranya, mencermati sektor-sektor yang sangat strategis bagi masyarakat dengan potensi persaingan usaha tidak sehat didalamnya.

Seperti, indikasi harga yang tinggi dan pasokan berkurang.

Sementara Ketua KPPU Wilayah V Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu menyampaikan, perlunya dorongan dari pihak pers untuk melakukan publikasi. Sehingga, penyalahgunaan dapat dilakukan pencegahan dan penegakan hukum.

"Kami ucapkan terima kasih, atas partisipasi teman-teman wartawan dalam acara ini, semoga kedepan KPPU lebih baik lagi," tandas Hakim.

Untuk diketahui, Forum Jurnalis ini juga dirangkai buka puasa bersama, dan pemberian santunan ke anak yatim.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website