Muhaimin; Terkait Dana DAK Pusat Rp 23,5 Miliar, Silahkan Diawasi

Rabu, 08 Mei 2019
BALIKPAPAN-Terkait kucuran dana DAK (dana alokasi khusus) dari pemerintah pusat untuk Disdikbud Balikpapan, sebesar Rp 23,5 miliar, di sejumlah sekolah TK, SDN dan tingkat SMP Negeri.
Kadisdikbud Balikpapan
Ir. Muhaimin
Kadisdikbud Balikpapan, Muhaimin menegaskan, dana tersebut diperuntukan rehab dan pengadaan di sejumlah di Balikpapan.

Ia mengharapkan, dalam pengerjaan sejumlah proyek ini, baik dan masyarakat dapat melakukan pengawasan. Selain, pengerjaan proyek ini dilakukan dengan tiga cara. Yakni melalu, swakelola, e-katalog dan lelang.

"Proses pengerjaan ini dilakukan, sebagaimana diatur dalam undang-undang dan permendikbud. Bahwa, dana DAK dapat dilaksanakan melalui mekanisme, swakelola, e-katalog dan lelang," ungkap Muhaimin Kadisdikbud Balikpapan, saat usai hearing dengan Komisi IV DPRD Balikpapan, Selasa (07/05/2019).

Dengan mekanisme ini, Kadisdikbud Balikpapan akan membentuk P2S (panitia pembangunan sekolah)  dimasing-masing sekolah, penerima dana DAK 2019.

Sehingga, P2S akan memiliki tanggung jawab terhadap kepala sekolah, sebagai pengguna anggaran. Demikian juga kepala sekolah akan bertanggung jawab ke Kadisdikbud.

"Meski demikian, mekanisme pengawasan atas dasar niat baik kita, semua pihak dapat melakukan pengawasan," ungkap Muhaimin.

"Yang menjadi kekhawatiran kita adalah, mekanisme swakelola dilakukan pihak sekolah, dinilai rawan penyimpangan. Namun, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada sekolah masing-masing untuk bersaing, dan memanfaatkan anggaran tersebut sebaik-baiknya," tandas Muhaimin.

Penulis: Ahmad Yani



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website