Pentingnya, Jaminan Mutu dan Label Halal di Kota Beriman

Kamis, 02 Mei 2019
BALIKPAPAN-Jaminan mutu dan label produk halal, penting bagi suatu kota yang mayoritas berpendudul muslim. Salah satunya Kota Balikpapan, sebagai Kota, Madinatul Iman, menjadi prioritas untuk menggodok sebuah perda tentang, jaminan mutu dan berlabel halal.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdollah, dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, di hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (2/5/2019).
Ket. Poto: Peserta FGD Produk Halal
DPRD Balikpapan. (ay/jb) 

Pembahasan ini merupakan hasil penyusunan naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang, Jaminan Produk Halal.

Senada disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Fachruddin Harami mewakili pemkot Balikpapan, 
menyampaikan, apresiasinya kepada DPRD Balikpapan yang telah memberikan masukan terkait kajian jaminan produk halal. 

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh dalam sambutan mengatakan, pelaksanaan FGD untuk melibatkan masyarakat secara luas, agar perda ini nantinya, dapat dipahami dan terlaksana dengan baik. 

Ia mengatakan, adanya pengembangaan industri akan menguntungkan pelakunya. Khususnya,  pasar global produk halal ini semakin diminati.

Sebagaimana dalam pemaparan, Dosen Fakuktas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, DR. Abdullah Said, MSi. Produk halal akan memberikan kepastian dan keyakinan bagi konsumen, dalam sebuah produk akan dikomsumsi.

Senada diutarakan, Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang, Rumi Suwardiyati SH. MKN. Selaku pembicara dalam FGD kali ini. Ia menyampaikan, produk halal akan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha, demikian juga dengan konsumenya.

"Baginya tidak ada keraguan dalam menjalankan usahanya, dengan adanya kejelasan legalitas," ungkapnya.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website