KPU Balikpapan, Siapkan Bukti Gugatan di MK

Selasa, 4 Mei 2019
BALIKPAPAN-Terkait adanya sengketa Pemilu 2019, pihak KPU Kota Balikpapan menyiapkan alat bukti gugatan di MK (Mahkamah Konstitusi)  terkait dari hasil pemilu 17 April lalu.
Adapun hadir dalam persiapan ini, diantaranya Kapolres Balikpapan, Bawaslu Balikpapan, Saksi Paslo 01, Saksi Paslon 02, dan staf KPU Balikpapan. Pada kesempatan ini dilakukan pembukaan kotak suara, yang sampai saat ini masih dalam proses sengketa di Mahkamah Konstituti (MK).

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha memberikan sambutan, dengan adanya gugatan dari paslon nomor 02, terkait prosesnya sedang berjalan di MK.

"KPU pusat memberikan mandat kepada semua KPU Kabupaten, Propinsi untuk menyiapkan dokumen yang akan disiapkan dan akan difoto kopi untuk dilegis dikantor pos," ungkap Noor Thoha.

"Terkait gugatan tersebut pihak 02 tidak menyebutkan spesifik lokasi mana yang bersengketa. Sehingga,  semua KPU di seluruh Indonesia menyiapkan dokumen yang akan dijadikan bukti untuk di bawah ke Mahkamah Konstitusi," kata Ketua KPU Balikpapan.

Menurutnya, kotak suara yang dibuka adalah kotak suara dari tingkat Kecamatan yang berhubungan dengan hasil pilpres.

Noor Thoha mengatakan, KPU Balikpapan hanya menindak lanjuti dengan menyiapkan kronologis, dan semua form harus di poto kopi kembali.

"Kemudian difoto kopi kembali 12 lembar dan difile sesuai dengan kode-kode alat bukti lalu diserahkan ke KPU RI, pada tanggal 8 Juni mendatang," ungkap Noor Thoha.

Sementara untuk pencalegan khusus wilayah KPU Balikpapan, tidak ada sengketa baik DPRD Kota, DPRD Propinsi, Tingkatkan DPR RI maupun DPD.

Noor Thoha berhap, dalam proses mekanisme mengumpulkan alat bukti tidak ada kendala, hari ini, Selasa (04/05/2019), sudah dibuktikan dalam pembukaan kotak paslon. Dan dihadiri pihak kepolisian dan Bawaslu.

Penulis: Roni. S
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website