Harap Tampung Air, IPAM Kampung Damai Dalam Perbaikan

Minggu, 14 Juli 2019
BALIKPAPAN-Baru saja terjadi kebocoran seminggu lalu di jalur pipa transmisi air baku IPAM Kampung Damai. Sekarang  jalur ini kembali bocor pada hari Sabtu kemarin (12/07/2019) dengan titik lokasi yang berbeda.

IPAM Kampung Damai akan kembali Stop produksi pada Selasa, (16/07/2019), akibatnya kurang lebih 45% pelayanan distribusi air PDAM Kota Balikpapan mengalami gangguan.
Sukono Kabag. Hubungan Pelanggan
PDAM Balikpapan
PDAM Kota Balikpapan akan merencanakan perbaikan tersebut, pada jam 09.00 Wita s/d Selesai (Target Pekerjaan 1 x 24). Dua Titik kebocoran pada Pipa Transmisi Air Baku diameter 600 mm steel yang berada di Jalur Kebon Karet dan Jalur Hutan Transad KM.8. Kerusakan tersebut akibat terjadinya, pergerakan tanah ditambah kondisi Hujan, mengguyur Kota Balikpapan.

Kabag. Hubungan Pelanggan Drs. Sukono mengatakan, Jalur Jaringan pipa transmisi Air Baku adalah jantung produksi yang menghasilkan air bersih dan merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan masyarakat Kota Balikpapan.

"Apalagi Jalur pipa ini memiliki panjang mencapai 15 Kilometer. Sehingga, tidaklah cukup mudah untuk menjaga dan merawatnya ditambah usia pipa yang cukup lama dan lokasi penanaman pipa yang berada di dalam Hutan dan juga melawati jalan utama di sepanjang jalur MT. Haryono atau Dam," ungkap Sukono.

Ia menambahkan, Kebocoran tersebut mengakibatkan IPAM Kampung Damai mengalami penurunan kuantitas debit air yang cukup dratis.

Pengaruhnya kepada Pelanggan yang tinggal didaerah atas dan daerah jauh dari IPAM Kampung Damai.

"Zona Wilayah distribusi dari IPAM ini, ada beberapa wilayah kontur tanahnya berada di daerah lembah dan perbukitan. Biasanya jam Pelayanan 24 Jam, turun kisaran 12 Jam hingga 6 Jam pelayanan Distribusi Air ke Pelanggan," kata Sukono.

Hal ini tidak bisa dipungkiri, dengan Kondisi 80% Kota Balikpapan dengan kontur tanah perbukitan. PDAM mengakui masih adanya pelayanan Distribusi Air yang belum bisa terlayani selama 24 Jam penuh.

PDAM selalu menghimbau, kepada pelanggan ketika air PDAM mengalir, upayakan untuk selalu menampung cadangan air sebagai persiapan penggunaan kebutuhan di rumah.

"Bijaksanalah dalam menggunakan air," ucapnya.

Sukono sebagai hubungan pelanggan menghimbau kepada pelanggan, untuk mempersiapkan penampungan di rumah.

"Selama air mengalir mohon untuk disimpan atau ditampung dirumah semaksimal mungkin. Tak lupa juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini," harapnya.

"Kami juga minta maaf, kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan Tidak mengalir lebih dahulu," ucap Sukono.

Adapun wilayah akan mengalami, gangguan:

Produksi IPAM KAMP. DAMAI : Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran.

Termasuj Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom.

Serta Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Jalan Beler, Dam, Sebagian Daun Village, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPAM KP.Damai.

Sumber: Humas PDAM Balikpapan
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website