Kebakaran Hutan, Anggota DPR Bambang Haryo Sebut Menteri Siti Gagal

Selasa, 20 Agustus 2019
JAKARTA-Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Tragedi yang berulang ini, melumpuhkan aktivitas warga bahkan, perekonomian daerah pun terdampak.
Ket. Poto: Bambang Haryo Anggota Komisi V DPR RI
Sebanyak 4.258 titik kebakaran hutan dilaporkan tersebar di 25 wilayah dan membuat masyarakat yang terkena dampak mengalami gangguan pernapasan.

Badan Restorasi Gambut (BRG) menyebutkan 500 ribu orang menderita Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan lebih dari 60 juta orang terkena polusi asap.

Terkait itu, anggota komisi V DPR-RI, Bambang Haryo Soekartono mengatakan, kebakaran hutan yang terjadi ini tidak bisa diremehkan, apalagi diabaikan.

"Pemerintah harus bertanggung jawab karena sesuai dengan UU No 41 tahun 1999 Pemerintah memiliki kewajiban untuk melestarikan dan melindungi hutan," tegas Bambang.

"Di negara tetangga, seperti Malaysia, hampir tidak pernah mengalami kebakaran hutan karena sistem penjagaan yang digunakan cukup efektif seperti memasang alat deteksi untuk asap dan kelembapan sebagai langkah antisipasinya serta ditunjang SDM yang kompeten,” tuturnya.

Sementara di dalam negeri, sambung Bambang, kebakaran hutan akan padam karena turunnya hujan.

"Jadi kalau musim hujan aman, begitu musim kemarau muncul kebakaran lagi dan ini berulang-ulang,” terangnya.

Bambang menyebut, sebagai representatif Presiden Joko Widodo maka Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya harus bertanggung jawab atas kebakaran hutan yang terjadi.

Menteri KLH, lanjut Bambang memberi penilaian, kurang menguasai tata kelola hutan karena latar belakang pendidikannya bukan dari kehutanan melainkan pertanian.

“Maka wajar jika tidak mengerti soal itu, harusnya pak Jokowi menempatkan orang yang pas di posisi itu, karena soal kehutanan itu menyangkut keamanan nyawa publik dan masa depan bangsa dan negara ini,” kritiknya.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website