Personel Kodam VI/Mlw Dapat Pembekalan Publik Speaking dari Choky Sitohang

Selasa, 27 Agustus 2019
BALIKPAPAN-Kemampuan public speaking sangat penting dimiliki dan dikuasai oleh setiap prajurit TNI dalam menunjang tugas pokok masing-masing.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kodam VI/Mulawarman mendatangkan MC kondang yang berpengalaman dalam hal Public Speaking yakni Choky Sitohang untuk memberikan materi public speaking kepada personel Kodam VI/Mlw serta Persit KCK PD VI/Mlw di aula Makodam VI/Mulawarman, Balikpapan,  Selasa (27/8/2019).

Pada acara tersebut juga disaksikan oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Richard Tampubolon, dan Para Unsur Pejabat terkait Kodam VI/Mlw lainnya, Pengurus Persit KCK PD VI/Mlw dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, pembekalan Public Speaking ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi personel Kodam VI/Mlw.

Dalam setiap pekerjaan apapun, kemampuan public speaking selalu berkaitan. Public speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum atau orang banyak lainnya.

"Oleh karena itu, public speaking sangat penting, dan harus dimiliki oleh Personil Kodam VI/Mlw dalam menentukan keberhasilan hubungan antar-manusia di dalam dan di luar organisasi," ujar Mayjen TNI Subiyanto.

Di harapkan setelah mendapatkan pembekalan materi Public Speaking semakin dapat meningkatkan percaya diri personel Kodam VI/Mlw, dan terus belajar agar menjadi public speaking yang cerdas, handal dan dapat bermanfaat dalam mendukung tugas pokok sehari-hari.

Sementara itu Choky Sitohang selaku pemateri Public Speaking juga mengatakan kemampuan Public Speaking sangat perlu untuk dimiliki oleh setiap orang dan tidak hanya prajurit TNI tetapi juga masyarakat lainnya.

"Sebagai makhluk sosial bahwa, dalam berinteraksi dengan orang lain tidak perlu ragu dan mesti menerima perbedaan orang lain, sehingga dapat menyatu antara satu sama lainny," kata Choky.

Ada tiga kunci utama dalam menguasai kemampuan Public Speaking diantaranya Verbal yang berkaitan dengan materi dan mengenai topik ataupun pesan informasi apa yang akan disampaikan kepada orang lain.

Kemudian Voice atau berkaitan dengan apa yang didengar melalui artikulasi suara, nada suara, tune atau intonasi suara dan volume atau kekuatan suara.

"Dan terakhir adalah Visual atau apa yang dilihat yang berkaitan dengan penampilan, estetika, etika, gaya, dan performa," pungkas Choky.

Sumber: Pendam VI/Mulawarman.
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website