DPRD Balikpapan, Terima Aspirasi Para Jurnalis, Sampaikan Aksinya di Gedung DPRD Balikpapan

Jumat, 27 September 2019
BALIKPAPAN-Puluhan wartawan mendatangi kantor DPRD Balikpapan, para jurnalis ini, adalah Perwakilan dari organisasi profesi kewartawanan. Diantarantanya, IJTI, AJI dan PWI Perwakilan Balikpapan.

Dalam orasinya, korlap Aksi Damai Gabungan Wartawan Balikpapan, M. Idris mengatakan, pihaknya menyampaikan aspirasi ke DPRD Balikpapan terkait, revisi KUHP, dinilai bertentangan dengan kemerdekaan pers.

Ia menyampaikan beberapa pasal di revisi KUHP itu, bermuatan pasal pratik otoriter. Diantaranya, pasal 219 tentang, penghinaan terhadap President dan Wakil President, pasal 241 tentang, penghinaan terhadap pemerintah.

Selanjutnya, di pasal 247 tentang, hasutan melawaan penguasa dan pasal 262, tentang penyiaran berita bohong.

Aksi ini juga disampaikan, sebagai solidaritas kepada insan pers, mengalami tindak kekerasan, saar menjalankan tugas, profesi kewartawanan di Lapangan.

Aksi ini, diterima anggota DPRD Balikpapan, Suryani didampingi Rahmatia, juga dihadiri Sekwan Balikpapan, Abdul Aziz. "Kami sampaikan bahwa, kewenangan RKHUP adalah kewenangan pusat. Namun, petisi kawan-kawan akan tetap Kami sampaikan dan Kami lanjutkan ke DPR RI," kata Suryani.

Menurutnya, penyampaian aspirasi ini, merupakan hack demokrasi. Pihaknya, memberikan dukungan kepada kawan-kawan pers, untuk menyikapi persoalan di daerah.

"Kami sampaikan permohonan, maaf dari Ketua DPRD Balikpapan, tidak sempat hadir. Dan anggota DPRD lainnya, semoga bisa dipahami," ucap Suryani.

Usai menerima peserta aksi, kedua anggota dewan Balikpapan ini, ikut serta membubuhkan tanda tangan, dispanduk bertuliskan, "Aksi damai, menolak RKUHP dan mengecam, tindakan represif terhadap jurnalis."

Usal menyampaikan, aspirasinya di depan Gedung DPRD Balikpapan, peserta aksi melanjutkan, Aksinya di depan kantor Polres Balikpapan. Dengan menyampaikan hajat yanga sama, mengecam tindakan represif bagi jurnalis.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website