Pelebaran Jalan Mulawarman Diperlukan, Perhatian Pemkot Balikpapan

Selasa, 10 September 2019
BALIKPAPAN-Jalan Mulawarman salah satu akses transportasi jalur masuk dan Keluar Balikpapan, di wilayah timur Balikpapan. Namun, hal ini tidak dibarengi dengan peningkatan infrastruktur memadai.
Ket. Poto: Nurhadi Saputra
Anggota DPRD Balikpapan
Anggota DPRD Balikpapan Nurhadi Saputra menilai, akses jalan Mulawarman perlu perhatian bagi pemkot Balikpapan. Selain, akses jalur masuk dan Keluar Balikpapan. Jalan Mulawarman juga menjadi jalan terpadat kedua setelah jalan Sukarno Hatta, Balikpapan.

"Bahkan, jalan Mulawarman sebagai jalan terpanjang kedua setelah Sukarno, wilayah Utara Balikpapan. Kepadatan kendaraan di jalan Mulawarman saat ini mulai terasa," ungkap Nurhadi.

"Kalau hal ini tidak dibarengi dengan peningkatan jalan, kedepan kita akan mengalami kemacetan parah di wilayah timur, Balikpapan," katanya.

"Ini juga akan terasa disaat musim liburan tiba, akses ke tempat pariwisata, pantai Segara Sari, Manggar dan Penangkaran buaya Tritip, sangat padat," cetus Wakil Ketua Fraksi Gabungan DPRD Balikpapan ini.

Ia menambahkan, kesulitan pemkot Balikpapan untuk melakukan peningkatan jalan Mulawarman, dikarenakan bukan milik pemkot. Melainkan jalan Mulawarman masuk kewenangan provinsi Kaltim.

Menurut Nurhadi, meski jalan Mulawarman merupakan kewenangan pemprov Kaltim, pemkot Balikpapan dapat mengusulkan kepemprov untuk peningkatan jalan Mulawarman, dengan melakukan pelebaran.

Pasalnya, jalan Mulawarman sangat sempit dibanding jalan provinsi lainnya di Balikpapan. "Rasa-rasanya, jalan Mulawarman menjadi jalan tersempit di Balikpapan, dibanding jalan provinsi, seperti jalan Sukarno kilo," beber Nurhadi.

"Makanya pemkot Balikpapan perlu bergining politik dengan pihak provinsi agar jalan Mulawarman mendapatkan perhatian serius," harapnya.

"Jalan Mulawarman, memiliki Potensi kemacetan berat. Pasalnya, Stadion Balikpapan ada di sana. Belum lagi Asrama Haji, pintu Tol bahkan, akses masuk Keluar Balikpapan ada di sana," cetusnya.

Ia berharap, periode DPRD kali ini akan mendorong pemkot Balikpapan untuk memberikan perhatian serius terhadap jalan Mulawarman.

Penulis: Ahmad Yani
Editor: Redaksi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website