Pembahasan Tatib DPRD Balikpapan, Melibatkan Unsur Pakar Hukum dan Kebijakan Publik

Kamis, 26 September 2019
BALIKPAPAN-Pembahasan Tatib (tata tertib) dewan Balikpapan, berjalan alot. Setiap anggota DPRD Balikpapan, berhak menyampaikan aspirasinya. Meski demikian, pembahasan tatib dewan, juga melibatkan pakar hukum dan kebijakan publik.
Ahmad Rifai (kanan) bersama Agus Amri
Lembaga Hukum dan Kebijakan Publik

Ketua Lembaga Hukum dan Kebijakan Publik Agus Amri dan Ahmad Rifai, terlibat dalam pembahasan tatib DPRD Balikpapan, Rabu (25/9/2019). Keterlibatan mereka untuk memberikan masukan atas mekanisme kinerja DPRD Balikpapan.

Pakat Hukum Lembaga Hukum dan Kebijakan Publik, Ahmad Rifai mengatakan, langkah DPRD Balikpapan sudah tepat, dalam pembahasan tatib dewan. Melibatkan unsur kelengkapan dewan lainnya. Sebagaimana diatur dalam PP nomor 12 tahun 2018 tentang, pedoman penyusunan tatib dewan.

"Keikutsertaan kami dalam. Pembahasan tatib dewan ini, sesuai dengan PP 12 tahun 2018, tentang pedoman penyusunan tatib dewan. Jelas, bahwa kami memgawal pedomanya dari sisi hukumnya, agar tatib akan disusun tidak bertabrakan dengan mekanisme kinerja dewan," ungkap Rifai.

Menurutnya, beberapa poin memang dinilai krusial, khususnya berkaitan dengan anggaran. Seperti, perjalanan dinas, dan kebijakan administrasi lainya," kata Rifai.

"Namun, hal inilah akan dilakukan pembahasan agar mendapatkan kesepakatan bersama, tanpa mengesampingkan kebijakan hukumnya," jelas Rifai.

Ia berharap, pembahasan tatib ini dapar berjalan baik dan lancar, agar anggota DPRD Balikpapan dapat bekerja cepat. "Yang jelas, pembahasan tatib ini, jangka waktunya tiga bulan, akan selesai. Bila tidak akan diberi waktu dua bulan," bebernya.

"Usai pembahasanpun, akan disampaikan ke Mendagri untuk dilakukan pengesahan, kemudian menjadi aturan bagi anggota dewan untuk menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat," tandas Rifai.

Penulis: Ahmad Yani


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website