Rancangan Tatib Dewan, Mulai Digodok

Kamis, 26 September 2019
BALIKPAPAN-Meski AKD (alat kelengkapan dewan)  belum terbentuk, DPRD Balikpapan, sedang menggodok rancangan tatib (tata tertib), sebagai acuan mekanisme anggota DPRD Balikpapan, dalam menjalankan tugasnya sebagai, perwakilan rakyat.
Andi Arief Agung
Ketua Pansus Rancangan Tatib DPRD Balikpapan

Ketua pansus rancangan, tatib DPRD Balikpapan Andi Arief Agung mengatakan, penggodokan tatib dewan, sebuah dasar yang harus dibuat, sebagai dasar anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya, Rabu (25/9/2019).

Menurutnya, pihaknya juga melibatkan pakar hukum dari pemkot dan dari lembaga hukum. "Hal ini dilakukan agar, aturan mainnya sesuai dengan aturan yang akan dijalankan nantinya," ungkap Arief.

"Pelibatan pihak pakar hukum juga, dinilai sesuai dengan PP 12 tahun 2018, yang mengatur tentang pedoman penyusunan tatib dewan," jelasnya.

"Sehingga, perumusan rancangan tatib ini, hingga akhir Desember, bila mana belum juga selesai, maka tatib lama, atau 2018 sebagai rujukan kami," ulasnya.

"Kami kan melibatkan beberapa pakar dalam pembahasan rancangan tatib ini, agar legal draftingnya berjalan," kata Arif Agung.

Ia menambahkan, dalam tatib tersebut, akan mengatur anggota dewan dalam menjalankan tugasnyas sebagai wakil rakyat. Diantaranya, berkaitan dengan kehadiran, dalam paripurna, perjalanan dinas dan berkaitan dengan budjeting anggota dewan sendiri.

Penulis: Hendra Agus
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website