BAPEMPERDA Targetkan Sahkan 13 Perda, dari 45 Prolegda

Kamis, 24 Oktober 2019
BALIKPAPAN-BAPEMPERDA (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DPRD Balikpapan, menargetkan akan mensahka 13 perda (peraturan daerah) dari 45 Prolegda (produk legislasi daerah), yang ada.
Syukri Wahid
Anggota BAPEMPERDA DPRD Balikpapan
Anggota BAPEMPERDA DPRD Balikpapan, Syukri Wahid menyampaikan, ke-13 perda tersebut akan menjadi target BAPEMPERDA Dewan Balikpapan, akan disahkan tahun depan, Rabu (23/10/2019).

Meski tidak menyebutkan perda apa saja akan disahkan, salah satu perda menjadi prioritas adalah, perda pendidikan tentang zonasi penerimaan peserta didik baru di sekolah-sekolah.

"Bahkan bisa dikatakan, perda ini merupakan perda pertama di Indonesia berkaitan dengan pendidikan akan disahkan di daerah," kata Syukri.

"Jauh sebelumnya, perda berkaitan pendidikan ini, telah digodok," ucap Syukri.

Meski pihaknya akui, penyerapan pembuatan perda dinilai rendah, pasalnya Anggota DPRD sebelumnya, memasuki tahun politik, sehingga penggodokan perda dinilai tidak maksimal.

"Untuk tahun depan pengajuan prolegda akan dilakukan melalui syarat. Dalam artian, perda akan digodok telah memiliki naskah akademis, telah memiliki rancangan perda, dan telah diharmonisasi dengan instansi terkait," ungkap Syukri.

Sementara di akhir tahun ini, BAPEMPERSA akan melaksanakan MOU atau kesepakatan dengan pemkot Balikpapan, pengajuan prolegda 2020," ungkapnya.

"Untuk inisiatif dewan, akan ada raperda akan menanti," tandas Syukri.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website