KPU Balikpapan, Segera Lelang Logistik Pileg

Kamis, 21 Nopember 2019
BALIKPAPAN-KPU Balikpapan segera melakukan lelang logistik, kertas suara pileg (pemilihan legislatif) 2019 lalu. 

Lelang akan dibuka setelah KPU Balikpapan mendapatkan surat KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang), demikian disampaikan Sekretaris KPU Balikpapan Syabrani, Rabu (20/11/2019) kemarin.
Syabrani
Sekretaris KPU Balikpapan
Ia menyatakan, tahap awal akan dilakukan pengosongan kotak suara. Sebelum dilakukan lelang.

Dalam tahapan lelang, KPU akan mengundang Bawaslu Balikpapan, untuk dilakukan pengosongan kertas suara. Kemudian dilakukan pemilahan didalamya terdapat beberap jenis form.

Selanjutnya, dilakukan penyusunan dan penghitungan dan akan dilanjutkan penghapusan aset.

Penghapusan disini adalah bentuk lelang melalui  kantor KPKNL. "Tetapi harus ada syarat mendapat persetujuan dari pihak ANRI untuk surat suara dan nanti yang dilelang itu adalah Kotak suara, formulir, dan plano," jelas Sekretaris KPU Balikpapan. 

"Alasan pelelangan ini dilakukan yang pertama adalah memang sudah dari keputusan KPU RI.  Untuk dilelang selanjutnya, KPU juga tidak memiliki gudang untuk pilkada ini dan mau tidak mau harus segera dilelang," bebernya. 

Adapun pihak dapat menerima hasil lelang ini nanti akan diputuskan oleh KPKN. Tetapi masyarakat biasa juga diperbolehkan. Apabila dia mampu dan hasil lelangan itu juga bisa ditaksir sekitar. 

Sementara, anggaran lelang nantinya akan masuk ke kas Negara. "Lalu nanti pemenang lelang akan menyetor ke kantor KPKNL, dilanjutkan ke kas Negara, dan KPU hanya akan melihat bukti setorannya saja,"  tandasnya. 

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website