Pangdam VI Mulawarman Beri Pembekalan Mahasiswa Unhan

Kamis, 21 Nopember 2019
BALIKPAPAN-Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto memberikan pembekalan kepada 85 Mahasiswa Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan). Pembekalan ini sebagai kegiatan Studi Visit Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan di Aula Makodam VI/Mlw Balikpapan, Rabu (20/11/2019) kemarin.
Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto mengucapkan, selamat datang dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan rombongan Laksda TNI Dr. Suhirwan, S.T., M.MT, beserta 85 Mahasiswa Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan di Kodam VI/Mulawarman.

“Perlu kami informasikan kepada mahasiswa Unhan, Kodam VI/Mulawarman membawahi 3 Provinsi. Yakni, Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara dengan luas wilayah keseluruhan kurang lebih 24.008.600 Hektar," ungkap Pangdam.

"Kondisi geografis bervariasi, meliputi daerah pengunungan dan perairan yang digunakan sebagai sarana transportasi sebagian masyarakat maupun sumber daya alam," kata Pangdam.

"Untuk wilayah perbatasan RI-Malaysia menjadi tanggung jawab Kodam VI/Mulawarman yang terbentang di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sepanjang ± 1.038 km, meliputi Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Mahakam Hulu," ujar Pangdam.

Pangdam juga menambahkan, terdapat beberapa kendala terutama berkaitan dengan keterbatasan sarana transportasi untuk mencapai beberapa wilayah.

"Sehingga harga bahan pokok di beberapa kabupaten cukup tinggi. Terutama, daerah yang belum memiliki jalur transportasi darat seperti di Kabupaten Kutai Barat dan Malinau," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Asrendam VI/Mlw Kolonel Inf Andiek Prasetyo Awibowo, S.I.P., M.Si. memaparkan, perihal kesiapan Kodam VI/Mlw menghadapi pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Dalam paparannya dijelaskan, juga berbagai macam  kesiapan Kodam VI/Mlw menghadapi pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur. Mulai dari sistem pertahanan terhadap Ibu Kota Negara sampai dengan kondisi medan yang ada di Kalimantan Timur.

Rilis: Pendam VI/Mlw
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website