Satukan Visi Menuju IKN, Lewat Rakerda DPRD Balikpapan

Senin, 18 Nopember 2019
BALIKPAPAN-Rapat kerja daerah DPRD Balikpapan, melibatkan OPD (organisasi perangkat daerah) dilingkungan pemkot Balikpapan. Guna menyatukan pokok-pokok pikiran dalam pembangunan kota, menuju IKN (Ibu Kota Negara).
Rapat Raperda DPRD Balikpapan
di Novotel, Minggu (17/11/2019). 
Rakerda DPRD Balikpapan, digelar di Hotel Novotel, Balikpapan, Minggu (17/11/2019) kemarin.

Ketua DPRD Balikpapan, Abdollah dalam sambutanya, menghadapi IKN (ibu kota negara), akan menghadapi berbagai persoalan, sebagai kota penyangka.

Ia menyatakan, salah satu dampak secara massive diantaranya, perpindahan penduduk akan berdampak pada kultur, sosial budaya, termasuk kriminalitas, ketersediaan pangan, pasokan listrik dan air bersih.

Bahkan, lapangan pekerjaan menjadi dampak yang sistematik.

Menurut Abdollah, kondisi tersebut perlu duduk bersama antara pemkot Balikpapan bersama DPRD Balikpapan, untuk menyusun Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROMPERDA). Sebagai dasar penyusunan arah kebijakan mendatang, tidak lagi bersifat umum.
Mubar Yahya
Ketua Organda Balikpapan
"Selain, dari kesepakatan antara eksekutif dan legislatif dilevel daerah. Juga penting menyusun kebijakan pusat ke daerah, untuk merumuskan anggaran bagi kota Balikpapan, sebagai pintu gerbang IKN," kata Ketua DPRD Balikpapan dalam sambutanya.


"Peran serta pemerintah pusat, baik melalui alokasi khusus, dana insentif daerah maupun program pusat lainnya. Sangat diperlukan bagi kota Balikpapan. Besarnya kebutuhan untuk mempersiapkan sarana prasarana penyangga IKN dinilai, belum berbanding lurus dengan penerimaan," ungkapnya. 

Sementara, Ketua Organda Balikpapan Mubar Yahya mengapresiasi kegiatan Rakerda DPRD Balikpapan ini, dengan melibatkan OPD, organisasi derah, tokoh-tokoh masyarakat. Untuk menuangkan pokok-pokok pikiranya dalam pembangunan kota Balikpapan. 

Menurutnya, keterlibatan semua pihak dalam Rakerda DPRD ini, menjadi penting dalam kemajuan pembangunan kota Balikpapan. 

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website