Tangani Konflik Libatkan Staekholder dan Penanganan Dini

Jumat, 29 Nopember 2019
BALIKPAPAN-Penanganan konflik horizontal, perlu penanganan dini, dan keterlibatan staekholder, dan para tokoh masyarakat. Bagi daerah rawan konflik horizontal perlu, melibatkan semua pihak dan para OPD (organisasi perangkat daerah).
Subari
Wakil Ketua DPRD Balikpapan
Sebagaimana disampaikan, Sekretaris Dewan kota Madiun Misdi, dalam kunjungan kerja anggota DPRD Balikpapan, terkait masalah penanganan konflik, dan pelayanan publik. 

Misdi menyampaikan, kota Madiun dinilai rawan konflik, khususnya memasuki bulan Syuro. Sebelumnya, konflik sering terjadi antar perguruan pencak silat, saat memasuki bulan Syuro.

Namun, dalam sepuluh tahun terakhir, konflik horizontal tidak lagi terjadi.

"Setiap, awal memasuki bulan Syuro, dilakukan pertemuan antar petinggi perguruan pencak silat. Untuk tidak melakukan kericuhan dan penandatanganan kesepakatan bersama, untuk menjaga keamanan bersama menghadapi acara Syuro," demikian dijelaskan Misdi saat menerima anggota DPRD Balikpapan, di ruangan rapat Paripurna Gedung DPRD kota Madiun, Jumat (29/11/2019).

Usai pertemuan DPRD kota Madiun bersama DPRD Balikpapan, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari, mengapresiasi pihak pemkab Madiun dalam menangani konflik horizontal.
Misdi
Sekretaris Dewan Kab. Madiun
Ia menyampaikan, hal ini sebagai perbandingan, untuk dilakukan contoh khususnya, menangani konflik.

"Perlunya melibatkan semua pihak, untuk menjaga tidak terjadi konflik. Peran serta pemerintah ditengah masyarakat, sangat diperlukan untuk menangani konflik sejak dini," ungkapnya.

Adapun mengenai, perlu membuat regulasi, akan menyesuaikan kondisi daerah. "Tetapi, dengan kemajemukan masyarakat di Balikpapan saat ini. Rasa aman dan kenyamanan masyarakat Balikpapan masih terjaga," urainya.

Untuk diketahui kota Madiun memiliki APBD Rp.1.3 triliun dan PAD berjumlah Rp.230 miliar. Kota memiliki motto Karismatik ini, dulunya pemerintahan berbentuk Karesidenan dengan Ibu Kota di Desa Kartoharjo.

Penulis: Ahmad Yani



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website