Ada 19 Raperda Prioritas DPRD Balikpapan di 2020

Selasa, 31 Desember 2019
BALIKPAPAN-Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Balikpapan Andi Arief Agung menyampaikan, terdapat 19 Raperda (rancangan peraturan daerah) menjadi prioritas DPRD Balikpapan di 2020 mendatang.
Andi Arief Agung
Ketua Banleg DPRD Balikpapan 
Dari 19 Raperda ini, terdapat 6 Raperda inisiatif dewan Balikpapan akan dijadikan Perda. Salah satu Raperda menjadi prioritas dan telah melalui pembahasan akademik. Yakni Raperda tentang IMTN (Izin Menguasai Tanah Negara).

Sementara bagi eksekutif, Raperda menjadi prioritas diantaranya, Perda tentang pengelolaan kearsipan daerah.

Menurut, Andi Arief Agung sebagai anggota Komisi I DPRD Balikpapan bidang hukum, bahwa periode DPRD Balikpapan kali ini, akan memprioritaskan 19 Raperda akan digodok menjadi Perda Balikpapan.

Meski 19 Raperda ini, dinilai turun dari periode sebelumnya, yakni 22 Perda. Ia menilai, tidak terlepas dari kepentingan daerah. "Namun, dari 19 Raperda akan dicanangkan ini, bisa saja bertambah. Mengingat, kondisi Balikpapan sebagai kota penyangga IKN. Tentunya, akan mengalami berbagai kebijakan politik, atau regulasi," kata A3 panggilan akrab Andi Arief Agung.

Ia mencontohkan, IKN sampai saat ini belum memiliki regulasi undang-undang, pemerintah akan membuat regulasi terkait IKN. "Maka otomatis regulasi dan turunnya nanti akan berdampak ke Balikpapan, dan kita akan sesuai melalui perda," tegas Andi Arief Agung, Ketua Banleg DPRD Balikpapan.

Penulis: Yudi
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website