Dua Instalasi PDAM Akan Stop Produksi Secara Bergantian, Pelanggan Harap Tampung Air

Jumat, 13 Desember 2019
BALIKPAPAN-Siap-Siap Tampung Air, Dua Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM akan STOP Produksi secara Bergantian, Pelaksanaan Pemindahan Jalur Pipa Transmisi di lokasi Jalan Tol Balikpapan.
Pipa Tramisi di Jl. TOL Balikpapan
Dalam perbaikan
Pipa (Transmisi) Air Baku PDAM yang mengalirkan air dari Waduk Manggar ke Dua Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM, yaitu IPAM KM.8 Batu Ampar dan IPAM Kampung Damai.

Kedua pipa transmisi ini, dijadwalkan akan STOP produksi sementara waktu. Hal ini dikarenakan untuk mendukung penyelesaian Proyek Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam).

Sementara kedua jalur pipa air baku yang lama, milik PDAM Balikpapan ini, posisinya lebih tinggi dari permukaan tanah yang menjadi main road proyek tol.

PDAM sudah membuat jalur Pipa Transmisi yang baru dengan menempatkan pipa tersebut di Jalur Box Cuilvert. Yaitu, merupakan gorong-gorong dibawah main road jalan tol, dengan panjang 60 meter, dengan lebar 3,5 meter dan tinggi 3 meter, secara fisik box dan penempatan pipa transmisi baru juga sudah terbentang dan siap, tinggal action untuk melakukan penyambungan dengan jalur baru dari jalur pipa transmisi yang lama.

Proses penyambungan terhadap tiga jalur pipa transmisi ini dilakukan secara satu persatu dan bergantian. Karena untuk menjaga stabilitas ketersedian kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Balikpapan.

Jadwal penyambungan pertama adalah jalur pipa Transmisi Diameter 700mm steel yang mengarah dari Waduk Manggar ke Instalasi Pengolahan Air Minum KM.8 Batu Ampar, yang InsyaAlloh akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 15 Desember 2019, Jam 09.00 Wita, dengan target pekerjaan 1x24 (lebih cepat lebih baik), IPAM KM.8 Batu Ampar, Stop Produksi sementara waktu, dimana dari kegiatan tersebut kurang lebih 50% Pelayanan Distribusi air bersih ke pelanggan akan terganggu.

Kemudian Jadwal kedua adalah proses kegiatan penyambungan untuk Jalur Pipa Transmisi Air Baku Diameter 600mm steel yang menuju Instalasi Pengolahan Air Minum Kampung Damai, yang akan dilaksanakan pada Hari Kamis, 19 Desember 2019, Jam 09.00 Wita, dengan target pekerjaan 1x24 (lebih cepat lebih baik), IPAM Kampung Damai, lagi-lagi harus Stop Produksi sementara waktu, dimana dari kegiatan tersebut kurang lebih 40% Pelayanan Distribusi air bersih ke pelanggan akan terganggu lagi, PDAM sangat memahami Imbas seringnya Stop Distribusi saat ini lebih sering dari IPAM Kampung Damai, tetapi mau bagaimana lagi Kondisinya memang demikian, Pipa pipa PDAM yang berada didalam tanah adalah jalur jalur yang saling berkaitan satu sama lain.

Apalagi ini adalah kegiatan perbaikan Pipa Air Baku, yang merupakan Jalur jantung kehidupan air bersih untuk masyarakat Kota Balikpapan, disamping itu dihari yang sama Kamis, 19 Desember 2019, jam 22.00 Wita, PDAM juga akan melakukan aktivitas pembongkaran jalur pipa yang berada di Simpang Tiga Lampu Merah Tugu beruang Balikpapan Permai, mengingat di posisi tersebut paling sering terjadinya kerusakan pipa distribusi, pembongkaran dilaksanakan pada malam hari dengan menggunakan eskavator dan akan sedikit mengganggu aktivitas arus lalu lintas, harapannya PDAM dapat meminimalisir terjadinya kebocoran diposisi tugu beruang tersebut.

Direksi PDAM Kota Balikpapan, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kondisi ini, Imbas tidak maksimalnya distribusi air ke masyarakat dalam waktu.

Beberapa bulan ini begitu besar, semua kegiatan tata kota, pembenahan drainase atau gorong-gorong, perbaikan trotoar dan kegiatan di jalur ruas jalan Tol Balikpapan Samarinda.

Semuanya tidak terlepas dari Utilitas pelayanan publik milik PDAM, pihaknya memohon kebijaksanaan dan pengertian masyarakat Kota Balikpapan atas situasi ini.

“PDAM hanya bisa menghimbau kepada pelanggan untuk mempersiapkan penampungan dirumah, selama air mengalir mohon untuk disimpan atau ditampung dirumah semaksimal mungkin,” kata Direksi PDAM Kota Balikpapan melalui Kasubag. Customer Service Bapak M. Norhadi.

 Tak lupa PDAM Kota Balikpapan juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini. Terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan Tidak mengalir lebih dahulu.

Daerah yang mengalami gangguan Distribusi Air : Produksi IPAM KM. 8 BATU AMPAR : Sepanjang Jalur KM.10 sampai dengan Rapak (Jalan Soekarno Hatta), Jl. MT. Haryono Rumah Sakit Umum, RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT.HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, sepanjang jalan Syarifuddin Yoes, Perum. Daksa, Sebagian Daerah di Batakan, Perum. WIKA, Sebagian Daun Village, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur.

Selanjutnya, Perum.Pelabuhan Gn.Guntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Patimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, KM09 Komp.AD, KM08, Komp. Klaus Reppe, Komp.Bangun Reksa, Perum PDAM, Perum.Graha Indah, Perum Bhumi Nirwana Indah, Perum.Adi Guna Unggul, Perum Mandastana, Perum Batu Ampar Lestari, Perum.Ramayana, Jl.Brantas, Komp.Perumnas, Jl.Telindung, Jl.Padat Karya,Inpres I s/d IV, Perum.Somber, Jl. Gn.Satu, Jl.Gn.Empat, Jl.Gn.Bugis, Asrama Bukit, Sidomulyo, Kp.baru Ujung, Jumpi, Sidodadi, Jl.Borobudur, Kamp.Baru lir, Gn. Polisi, seluruh aliran dari IPAM BATU AMPAR.

Daerah yang mengalami gangguan dari Jalur IPAM Kampung Damai : Produksi IPAM KAMP. DAMAI : Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Sebagian Daun Village, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPAM KP.Damai.

Sumber: Humas PDAM Balikpapan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website