KPU Balikpapan Bentuk Adhok PPK dan PPS Tunduk Dengan PKPU

Kamis, 19 Desember 2019
BALIKPAPAN-Menjelang pilkada (pemilihan kepala daerah) Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2020, KPU Balikpapan terus melaksanakan tahapan penyelenggaraan pilwali. Diantaranya, tahapan pembentukan PPK dan PPS (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Panitia Pemungutan Suara serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.
Noor Thoha
Ketua KPU Balikpapan
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, pembentukan PPK dan PPS di PKPU nomor 15 sebelumnya diatur, PPK akan dibentuk Januari, sementara PPS di bulan Pebruari 2020.

Lain halnya, dengan PKPU yang baru nomor 16 bahwa, pembentukan PPK dan PPS dibentuk secara serentak. Dan masa kerja sembilan bulan, demikian juga dengan honorarium akan mengalami kenaikan dari honor sebelumnya.

"Tahapan PKPU nomor 15 dan 16 beberapa perubahan terkait, tahapan pembentukan adhok pembentukan  PPS dan KPPS sementara PKPU nomor 15 itu PPK berbeda dengan PPS artinya, PPK dibentuk dulu baru KPPS," ungkapnya.

"Untuk KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dibentuk sebulan sebelum hari H pelaksanaan pemungutan suara," katanya.

"PPK dibentuk Januari dan PPS dibentuk Pebruari, sementara PKPU nomor 16 yang baru dibentuk secara serentak, sementara KPPS dibentuk sebulan sebelum hari H pelaksanaan pemungutan suara," tandas Noor Thoha belum lama ini.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website