KPU Balikpapan Raih Penghargaan Web Award Tingkat Provinsi Kaltim

Senin, 9 Desember 2019
SAMARINDA-Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan penganugerahan penghargaan Web Award Badan Publik Provinsi Kaltim, Kamis (11/12/2019).
Syahrul Karim
Komisioner KPU Balikpapan
Mewakili Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Diddy Rusdiansyah membuka acara tersebut, di Swisbell hotel Samarinda. 

KI (Komisi Informasi) Kaltim sebelumnya telah melaksanakan monitoring di 365 website dan 50 aplikasi dari 1.700 web badan publik ada di Kaltim. Mulai dari instansi vertikal, OPD hingga Kecamatan, Kelurahan, Desa, BUMD dan Perguruan Tinggi dan lainnya. 

"Sedikitnya 361 badan publik sebagai hasil monitoring, dapat dilakukan verifikasi dan penilaian sebagai badan publik, dan mendapatkan penganugerahan Award Web," kata Rusdiansyah. 

Verifikasi badan publik ini, tidak hanya dilakukan pada instansi dilingkungan pemerintah Provinsi. Melainkan, instansi vertikal yang ada di Kaltim juga menjadi bagian dari monitoring ini, oleh Komisi Informasi (KI) Kaltim. 

"Penganugerahan ini dilakukan sebagai apresiasi bagi badan publik yang konsisten  menerapkan keterbukaan informasi, standar layanan, memberikan motivasi dan kepuasan serta mengedepankan semangat keterbukaan dan dapat pertanggung jawabkan," jelas Diddy Rusdiansyah. 

Penganugerahan ini dilakukan sesuai dengan 
UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang, Keterbukaan Informasl Publik dan Perlu Nomor 1 Tahun 2010Tentang Standar Layanan lnfnrmasl Publik dan Implementasi Inovasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Tata Pemerintahan Terbuka (open data).

Dan hasil monitoring, terhadap 361 Badan Publik. KPU Kota Balikpapan meraih prestasiWebAward Badan Publik 2019 pada perlnskat pertama kategori Implementasl Keterbukaan lnforrnasi Publik Vla Webasite Terbalk Lembaga Daerah KPU dan Bawaslu se-Kallmantan Timur.

Sedangkan juara kedua, untuk kategori tersebutdlraih oleh Bawaslu Kata Balikpapan. Juara ketiga yaitu Bawaslu Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Penghargaan Web Awards Badan Publik Tahun 2019 ini dihadiri Ketua Komisioner KPU Balikpapan, Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Syahrul Karim. 

"Penghargaan ini menjadi pemacu kami dalam menjalankan tugas dengan baik. Khususnya, melaksanakan keterbukaan informasi," katanya. 

"Jadi kami arus terus melakukan upaya perbaikan, memberikan data  informasi publik, sesuai dengan aturan dan ketentuan berlaku," tandas Syahrul. 

Rilis: KPU Balikpapan
Editor: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website