Mulai 11 Desember, Berkas Dukungan Balon Perseorangan Dapat Diserahkan ke-KPU Balikpapan

Senin, 9 Desember 2019
BALIKPAPAN-Menjelang pilkada Balikpapan  2020,
Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan melalui jalur independen yang akan bertarung, dapt menyerahkan berkas dukungan pada 11 Desember 2019.
Noor Thoha
Ketua KPU Balikpapan

“Bagi semua tim verifikasi berkas bagi tim calon independen diwajibkan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pencalonan dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon)," kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha. 

"Berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan harus memiliki lebih dari 40 ribu dukungan, dan semua dukungan harus terverifikasi setiap lembar dengan menggunankan aplikasi Silon,” jelasnya, belum lama ini. 

"Sementara berkas dukungan perseorangan yang diserahkan ke KPU diperiksa tim verifikasi. Terbagi dua tim yaitu, verifikasi yang dilakukan pegawai KPU dan verifikasi faktual akan melibatkan pihak ketua RT," urai nya. 

“Untuk syarat jumlah dukungan bagi calon perseorangan atau independen telah ditentukan dalam rapat pleno. Yakni sebesar 8,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). Sebagaimana rumusan PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang, jumlah minimal batas dukungan bagi balonl untuk melaui jalur independen,” benernya. 

Noor Thoha menambahkan, bagi balon kepala daerah yang berniat maju melalui jalur independen, atau perseorangan, saat ini sudah dapat menyerahkan berkas dukungan ke KPU Balikpapan. 

Sekarang ini KPU Balikpapan, tengah menyiapkan tim verifikasi berkas, untuk pengumpulan dukungan mulai 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020 mendatang. 

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website