KPU Balikpapan Ajak LSM Bermitra Sukseskan Pilkada Balikpapan 2020

Kamis, 2 Desember 2019
BALIKPAPAN-LSM Komite Penyelamat Ekonomi dan Hak Rakyat Balikpapan, mendatangi kantor KPU Balikpapan, Selasa (31/12/2019) lalu.
Poto bersama Komisioner KPU Balikpapan
Bersama LSM Penyelamat Ekonomi dan Hak Rakyat
Kedatangan sejumlah LSM ini untuk menyampaikan aspirasinya, terkait Mitra dengan KPU Balikpapan, melakukan kontrol sosial dalam pilkada 2020 mendatang.

LSM Komite Penyelamat Ekonomi dan Hak Rakyat ini, merupakan gabungan dari beberapa elemen LSM ada di Balikpapan. Terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, untuk menyatukan visi dan misinya dalam mewujudkan pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota 2020, lebih baik.

Kedatangan mereka juga sebagai upaya sosialisasi pihak KPU Balikpapan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2020, dengan target 77,5% sesuai dengan amanah undang-undang.

Seorang anggota LSM Komite Penyelamat Ekonomi dan Hak Rakyat Agus merasa optimis, bahwa pilkada Balikpapan kedepan dapat mencapai 80% partisipasi masyarakat.

Menurutnya, untuk mencapai angka tersebut sosialisasi ke masyarakat harus lebih intensif lagi. Dalam menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan pilkada nanti.

"Dengan target partisipasi pemilih pemula, kaum milenial dan emak-emak lebih meningkat lagi partisipasi memilihnya, dengan kesadaran akan memilih berdaulat negara kuat," ungkapnya.

"Selain kami melakukan komunikasi dengan pihak KPU, kami juga akan melakukan komunikasi dengan pihak Bawaslu, agar tercipta sinergitas dalam pelaksanaan pilkada yang damai," katanya.

Adapun rencana keterlibatan pihak LSM dalam menyukseskan pilkada Balikpapan, pihaknya siap melaksanakan sinergitas tersebut, dan MoU (memorandum of understanding) kesepakatannya bisa dituangkan secara bersama-sama.

Sementara Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, kedatangan elemen LSM ini sebagai, kepedulian mereka untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada Balikpapan.

"Kami nilai hal ini baik, untuk menjalin komunikasi dan membantu dalam sosialisasi ke masyarakat, bisa dikatakan  bermitra dengan kami," ungkap Noor Thoha.

Noor Thoha mengapresiasi LSM ini, bila memiliki kesungguhan melakukan Mitra demi suksesnya pilkada, dengan serius mengikuti aturan KPU tanpa melakukan aturan sendiri, utamanya menjaga kenetralan.

"Sebelumnya keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaran pilkada sudah dilakukan dengan nama relawan Demokrasi. Tentunya, bila kedepan kemitraan mau dilaksanakan akan dilakukan MoU atau kesepakatan bersama, sesuai dengan aturan perundang-undangan," tandasnya.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website