KPU Balikpapan Melaksanakan Penyusunan Syarat Calon Perorangan

Jumat, 31 Januari 2020
BALIKPAPAN-Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, pihaknya saat ini, melaksanakan penyusunan syarat pencalonan peserta pasangan walikota dan wakil walikota Balikpapan dalam pilkada 2020.
Noor Thoha
Ketua KPU Balikpapan
Ia menjelaskan, syarat pencalonan bakal calon walikota dan wakil walikota untuk jalur perseorangan atau independen diputuskan melalui keputusan KPU dengan menyatakan memenuhi syarat dukungan minimal.

"Untuk syarat dukungan calon perseorangan dibuka 19-23 pebruari 2020, melalui KPU dengan menyertakan soft kopi dan hard kopi, dan akan dilakukan verifikasi, bila hal syarat dukungan dinilai klir, maka KPU akan mengeluarkan surat keputusan," kata Noor Thoha.

Syarat dukungan minimal bakal calon perseorangan harus memenuhi sebanyak 39. 450 dukungan dari jumlah DPT (daftar pemilih tetap).

"Dengan mengisi formulir B1 KWK atau SILON  (sisyem informasi pencalonan) dengan membuat user name dan password, untuk melakukan input data," jelas Ketua KPU Balikpapan.

"Dia juga memberikan mandat kepada stafnya untuk melakukan input data," urai Noor Thoha.

Untk saat ini pasangan perseorangan telah mendaftar syarat dukungan calon yakni, pasangan Agus Laksito-Suharto dan Suharto.

"Kami juga tetap melaksanakan monitoring, dan pendampingan jangan sampai ada kendala, dalam melakukan input data. Jadi tidak ada alasan lagi, bahwa susah melakukan penginputan data," benernya.

Ia juga menambahkan, untuk syarat pencalonan bagi pasangan partai politik tentu, memenuhi kursi anggota DPRD dan memiliki rekomendasi dari partai pusat sebagai pengusung.

Liputan: Yudi
Editor: Ahmad Yani







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website