Sejumlah Calon PPK Ikuti Seleksi Tertulis

Kamis, 30 Januari 2020
BALIKPAPAN-Sejumlah calon seleksi PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Balikpapan 2020, mengikuti tahapan seleksi tes tertulis, sebelumnya dinyatakan lolos administrasi, oleh KPU Balikpapan, di Menara Bahtera Balikpapan, Kamis (30/1/2020).

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, tahapan tes tertulis bagi peserta calon PPK ini dilakukan, setelah tiga hari diumumkan dan dinyatakan lolos ke tahapan seleksi selanjutnya.

"Tes tertulis ini tentu saja, nanti akan kita ranking dan tidak ada passing grup, Jadi rangking 1-10 itulah yang akan memasuki  test wawancara selanjutnya," Kata Noor Thoha.

"Tes tertulis ini dengan bobot nilai 30% dan selanjutnya wawancara dengan pembibitan 70%, dan dalam tes tertulis ini, setiap Kecamatan memiliki 10 ranking akan kita ambil," ungkapnya.

"Jadi, kalau satu kecamatan hanya 10 orang atau kurang pasti akan masuk semua," ujarnya.

Untuk diketahui bahwa, kriteria dalam tes ini pertama adalah pengetahuan tentang kewilayahan, karena bagaimanapun pemilu itu menyangkut Daerah Pemilihan (dapil)," katanya.

"Kemudian kepemiluan, pengetahuan tentang kepemiluan secara umum yaitu Demokrasi, Pemilu, Kepartaian dan sebagainya," urai nya.

"Lalu tentang tekhnis pemungutan perhitungan  Karena itu lebih penting, karena test ini nanti akan memotret seseorang apakah layak menjadi PPK atau tidak karena dia menguasai satu kecamatan," beber Noor Thoha.

"Kedepan, KPU dalam rangka rekruitmen badan adhoc ditingkat kecamatan ini KPU ingin sejujur-jujurnya seobyektif mungkin," paparnya.

"Bagaimana KPU melihat, memandang dan mempertimbangkan calon PPK ini adalah orang yang berbobot dan orang-orang yang mempunyai pengetahuan tengang kepemiluan. Maka tes tertulis menjadi bagian sarana untuk memotret bagaimana pengetahuan dari calon PPK ini," tandasnya.

Penulis: Ahmad Yani

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website