Balikpapan Festival 2020, Digelar 5-16 Pebruari

Senin, 3 Pebruari 2020
BALIKPAPAN-Disporapar (Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata) Balikpapan akan menggelar, Festival 2020, bertajuk "Balikpapan Festival 2020."

Event Pariwisata dan Budaya terbesar pertama digelar di Balikpapan ini, bertema "the Age of Collaboration" (Event berkolaborasi dengan berbagai elemen kreatif yang berunsur Seni Budaya di kota Balikpapan).

Kepala Dinas pemuda, olahraga dan pariwisata (Disporapar) kota Balikpapan, Dourtje Marpaung mengatakan, pelaksanaan event ini, sebagai Kalender Pariwisata Nasional pertama yang bertaraf nasional dan internasional. Bertajuk Balikpapan Festival 2020, akan berlangsung pada tanggal 5-16 Februari 2020 dan opening event akan dilaksanakan pada tanggal 6 Pebruari 2020 di Tennis Stadium Indoor Balikpapan pada pukul 07.00 malam.

"Balikpapan Festival 2020 ini, merupakan bagian utama dari rangkaian HUT kota Balikpapan yang ke-123. Di tahun ini tema yang diangkat adalah The Age of Collaboration, yang bermakna mengkolaborasikan dengan berbagai elemen kreatif yang berunsurkan Seni Budaya Pariwisata yang ada di Kota Balikpapan," ungkap Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan.

"Rangkaian event Balikpapan Festival diawali dengan BPN GO 123 pada tanggal 5 9 Februari 2020, di Balikpapan Tennis Stadium, dengan konten kuliner, lifestyle hingga fashion," ungkapnya.

Mengangkat tema Bunga Matahari (Sunflower) dan menghadirkan 2 (dua) stage production di area bazaar dan juga tennis stadium dengan artis Pamungkas di tanggal, 6 Februari dan Ardhito Pramono di tanggal 9 Pebruari.

Dilaniutkan dengan Balikpapan Fashion Week pada tanggal 7-9 Februari 2020 di Pentacity, E-walk dan Grand Jatra Hotel Balikpapan Superblock. Lebih dari 30 desainer, baik lokal dari Kota Balikpapan.


Seperti Batik Vi, dan Rumah Ampiek, serta menghadirkan desainer kenamaan dari Jakarta seperti, Agnes Budhisurya, Ida Royani, Naniek Rachmat dan Laudya Chintya Bella, akan menampilkan koleksi terbaru mereka untuk memeriahkan pesta fashion akbar pertama dan terbesar di Balikpapan.

Dourtje menambahkan, pada tanggal 10 Februari 2020 yang merupakan puncak HUT kota Balikpapan yang tahun ini diadakan di Lapangan merdeka, diawali pagi hari upacara dan Balikpapan Menari dengan tema tarian nusantara yang kurang lebih di tarikan oleh 2.500 penari.

Dilanjutkan malam harinya syukuran HUT 123 serta hiburan artis Nasional yaitu, Nella Kharisma dan Ifan Seventeen.

Selanjutnya, ditanggal 11 Pebruari dilanjutkan dengan Balikpapan Film Festival di Gedung Kesenian Balikpapan.

Kadisporapar menjelaskan, Kegiatan ini merupakan wadah bagi Insan perfilman di Balikpapan untuk menyalurkan karya terbaiknya dengan kategori film pendek yang akan diseleksi oleh para juri lokal dan nasional untuk menentukan pemenang dengan Nominasi Pemeran Terbaik, Nominasi Penata Kamera Terbaik, Edltor terbaik, Sutradara Terbaik, Film Terbaik dan juga penghargaan Lifetime Achievement Award.

Pada tanggal 15 Februari 2020 akan diadakan Balikpapan lntemasional Fashion Carnaval di Pusat Kota Balikpapan. Dalam acara Ini akan mepenampilankan fashion carnaval dari berbagai kota di Inonesia dan dimeriahkan tiga negara peserta, yakni Perancis, Senegal dan Thailand, digelar dimalam hari.

Rangakain Balikpapan Festival ditutup dengan Festival Pesisir pada, 15-16 Pebruari 2020 di pantai Manggar dipadu dengan muslk orkestra dari COFF (choral orkestra Folklore festival).

Dan Gagasan kolaborasi ini merupakan penampilan unik dan spesial karena, menampilkan musik Orkestra dipinggir pantai. Selain Itu Festival Pesisir dalam acara ini dimeriahkan oleh penampilan budaya tradisional, lomba, perahu naga, perahu hias, lomba memasak, festival layang-layang, serta lomba PAUD.

Balikpapan Festival 2020 berkolaborasi dengan berbagai pihak, BPN GO kami berkolaborasi dengan Uncel meet pop, Balikpapan Fashion Week kolaborasi dengan manajemen Balikpapan super Blok (858), Balikpapan Film Festival berkolaborasi dengan Komunitas Sineas Muda Balikpapan (KSMB), Balikpapan Internasional Fashion Carnival berkolaborasi dengan komunitas carnival di Balikpapan.

Termasuk, Festival Pesisir berkolaborasi dengan COFF, Komunltas Perahu Hias, Perahu Naga dan Komunitas layang-layang.

"Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan penuh oleh Pemerintah kota Balikpapan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," tandas Dourtje.

Liputan: Yudi
Editor: Ahmad Yani


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Re Design by Raditya Designer Art - Jasa Buat Website